- CATEGORY -
APARTMENT
ARSITEKTUR
ART
FOOD
GARDENING
GAYA HIDUP
HOUSING
RUANG SEWA KOMERSIL
SEJARAH
URBAN PLANNING
HOME >> RUANG SEWA KOMERSIL 2016-11-10 07:18:22

Taipan Indonesia ini Pecahkan Rekor Tertinggi Properti Singapura

Satu lagi taipan Indonesia memecahkan rekor di kancah properti Singapura setelah Mulia Group menggegerkan pasar properti negara jiran.

Taipan Indonesia ini Pecahkan Rekor Tertinggi Properti Singapura
Sumber Foto : plotratio.com

Baca Juga :
# Jakarta Bakal Bangun Gedung Tertinggi se-Asia Tenggara
# Inilah Tiga Pusat Belanja Favorit Warga Jakarta
# Lippo Agresif Dengan Robbinz Setelah Ceraikan Robinson

PLOTRATIO.COM - Salah satu orang terkaya di Indonesia, Tahir, menggegerkan pasar properti Singapura baru-baru ini. Dia telah memutuskan untuk membeli sebuah properti komersial di pusat sentra bisnis (CBD) dilokasi sangat prestisius di Singapura, Straits Trading Building. Berlokasi di Battery Road, Raffles Financial District, gedung itu dibanderol seharga Rp. 5.3 Triliun.

Angka itu memecahkan rekor tertinggi harga ruang komersial di negara Singa itu. Straits Trading Building dimiliki oleh Sun Venture Group yang membelinya di tahun 2014 dengan harga Rp. 4.3 Triliun.

Keuntungan yang sangat besar buat Sun Venture, 25% hanya dalam jangka waktu 2 tahun saja. Padahal pasar properti komersial Singapura saat ini dalam keadaan lesu mengingat rendahnya tingkat sewa serta meningkatnya pasokan ruangan komersial.

Rekor harga tertinggi dicapai pada tahun 2008, masa keemasan pasar properti Singapura saat terjadi penjualan sebuah properti komersial di Robinson Road. Harganya pada saat itu adalah Rp. 314 juta per m2. Dibandingkan dengan harga Straits Trading Building yang Rp. 351 juta per m2 maka terjadi kenaikan sebesar 12.7%. Suatu hembusan angin segar bagi pasar properti di Singapura.

Dua belah pihak bahagia. Sun Venture merasa tingkat pengembalian investasi yang diperoleh dari hasil sewa menurun akibat rendahnya harga sewa sehingga menjualnya adalah solusi terbaik.

Apalagi penjualan tersebut menggunakan harga tertinggi di Singapura. Buat Tahir, itu adalah pembelian penting mengingat tidak banyak gedung di Raffles Financial Center yang bisa dibeli. Lokasinya yang sangat prestisius dan dia pun hanya berhubungan dengan 1 pemilik saja.

Jangka waktu sewa tanah yang sangat panjang memudahkannya untuk membuat konsep baru dari gedung tersebut. Itu akan menjadikan pembelian terbaik baginya, dalam usaha memupuk porto folio properti komersial nya di negara tetangga terdekat Indonesia ini.

Saat ini Tahir telah memiliki 2 properti komersial yakni ABI Plaza di Keppel Road dan MYP Plaza di Cecil Street. Tahir juga sebelumnya telah membeli 2 properti komersial di Indonesia serta 1 lainnya di Jepang yang dana nya diperoleh dari penjualan 150 juta lembar sahamnya di Bank Mayapada kepada investor asing.

Untuk pembelian Straits Trading Building, dana akan diperoleh dari kas internal, pinjaman bank Singapura serta pasar modal melalui Mayapada Investment Singapore. Tahir memanfaatkan dana yang berbunga murah serta pasar saham yang meriah di Singapura.

Akankah Tahir beruntung memperoleh imbal hasil yang menarik atas properti komersial yang dia beli ditengah tekanan pasar yang melemah? Kita lihat nanti jurus apa yang akan dikeluarkannya.

Yang pasti, satu lagi taipan Indonesia memecahkan rekor di kancah properti Singapura setelah Mulia Group menggegerkan pasar properti negara jiran.
 
Penulis : Tanto Kurniawan
Editor : ET24
Sumber : plotratio.com




 

- BERITA TERKAIT -
# Jakarta Bakal Bangun Gedung Tertinggi se-Asia Tenggara
Sebuah gedung tertinggi se-Asia Tenggara bakal dibangun di kawasan terpadu SCBD, Jakarta Selatan. Punya siapakah? Simak!
# Tax Amnesty Malah Untungkan Developer Singapura
Beberapa pengamat mengatakan bahwa Tax Amnesty targetnya sudah tepat, yang salah adalah implementasinya.
# Orang Terkaya di Hongkong ini Ramaikan Properti Jakarta
Taipan dan orang terkaya di Hongkong ini melalui perusahaannya Cheung Kong Property Holdings, segera meramaikan properti di Jakarta.
# Mulia Group Bangun Salah Satu Gedung Tertinggi di Dunia
Bangunan ini di klaim akan menjadi bangunan tertinggi ke-15 di seluruh dunia.
# Mengulik Bisnis Lotte Ditengah Penyidikan Kejaksaan Korea Selatan
Lotte menghadapi krisis manajemen menyusul penyidikan oleh kejaksaan yang dilakukan dikantor pusatnya serta di 17 kantor perusahaan afiliasinya.
# Manuver Peritel Asing Dalam Penguasaan Ruang Komersial
Bisnis eceran skala besar tidak akan berkembang jika tidak menguasai beberapa faktor: modal, lokasi, strategi dan reputasi.

Untitled
Plotratio.com adalah media informasi tentang segala macam Real Estate.
Sebagai media belajar, pengetahuan dan menambah wawasan.
Menyajikan Berita dari berbagai sumber terpercaya baik dari indonesia maupun dari luar Indonesia.
Powered by Sarangberita.com @102016